9 Persepsi Yang Salah Tentang Anak IT

9 Persepsi Yang Salah Tentang Anak IT – Perkembangan dunia teknologi informasi atau biasa disebut dengan dunia IT di Indonesia beberapa tahun terakhir meningkat dengan pesat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia, permintaan tenaga kerja dibidang ini pun juga semakin meningkat.

Information Technology (IT) memang selalu menarik dan hangat untuk diperbincangkan. IT sendiri menjadi salah satu bagian terpenting dari kehidupan modern alias jaman now :).  Kehadirannya bisa membuat segala sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah.

Tak heran jika setiap tahunnya banyak lulusan sekolah menengah atas maupun kejuruan berlomba – lomba agar dapat masuk dijurusan IT. Entah karena gengsi, atau memang karena memiliki passion dibidang IT.

Katanya sih kuliah dijurusan IT itu keren, tau semua hal yang berhubungan dengan “komputer“. Namun banyak pandangan yang sebenarnya belum tentu benar mengenai anak IT.

Salah satu pandangan atau persepsi yang salah adalah menganggap bahwa anak IT itu makhluk serba bisa. Bagi kamu mahasiswa IT atau yang bekerja di bidang IT, mungkin pernah merasakan demikian.

Nah berikut ngodeinweb akan mengulas 9 persepsi yang salah tentang anak IT.

 

1. Anak IT adalah tukang service komputer.

teknisi
Gambar : Pixabay.com

Anak IT memang identik dengan komputer. Namun tunggu dulu, bukan berarti anak IT itu bisa memperbaiki kerusakan komputer lho. Tidak semua mahasiswa yang kuliah dijurusan IT mendapatkan materi hardware yang berhubungan dengan komputer, jika pun dapat paling hanya kulitnya saja. Apalagi yang memiliki background anak SMA, sudah tentu kurang paham mengenai hardware komputer.

 

2. Solusi masalah internet.

network engineer
Gambar : Pixabay.com

“Bro gimana caranya biar koneksi internetku kenceng , harus diapain? Ajari cara hack wifi bro? Cara biar dapet internet gratis dari kartu ini gimana?” Mungkin itu beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang awam. Padahal kami ( mahasiswa IT ) juga masih bertanya-tanya. 😀

 

3. Bisa design

designer
Gambar : Pixabay.com

“Tolong buatin desain seperti ini dong” Kamu anak IT mungkin pernah mendapatkan permintaan semacam itu. Padahal gak semua anak IT itu berhubungan dengan design grafis. Walaupun memang ada sebagain besar yang jago desain juga, tapi ya tidak semua.

 

4. Tahu harga gadget

gadget
Gambar : Pixabay.com

Nggak jarang juga anak IT  ditanya mengenai bermacam-macam harga gadget. Mulai dari harga laptop, sampai harga smartphone terbaru. Padahal nggak semua anak IT tahu tentang hal semacam ini. Layaknya katalog berjalan, paradigma masyarakat masih menganggap anak IT punya update terlengkap mengenai harga berbagai gadget.

 

Baca Juga : Ingin Belajar Web Programming , harus mulai dari mana ?

 

5. Makhluk nokturnal

programmer
Gambar : Pixabay.com

Anak IT juga identik dengan dunia malam. Dunia malam yang dimaksud disini bukan dunia gemerlap atau sejenisnya ya Guys. Mungkin karena anak IT suka begadang untuk ngoding atau sekedar mengerjakan tugas sambil nongkrong diwarunk kopi.

 

6. Seorang Hacker

hacker
Gambar : Pixabay.com

Yap anak IT dianggap tau tentang seluk beluk internet dan tak jarang disamakan dengan seorang hacker. Dimintain tolong buat hack facebook, email, atm dan lain sebagainya. Padahal untuk sekedar hack wifi tetangga saja susahnya minta ampun :).

 

7. Komputer berjalan

anak
Gambar : Google.com

Pernah gak sih kamu lihat anak IT yang kemana – mana selalu bawa komputer jinjing atau laptop?. Pasti sudah biasa kan. Hal tersebut memang lumrah, karena tuntutan tugas maupun pekerjaan. Namun gak komputer berjalan juga sob.

 

8. JOMBLO

Gambar : Pixabay.com

Ini mungkin yang paling sedih. Mm Mungkin karena penampilannya yang pucat, kantong mata besar akibat nggak tidur semalaman. Jarang mandi, sampai cenderung bersifat tertutup membuat anak IT dianggap jurusannya para jomblo. Padahal nggak demikian sob. Mereka juga punya pasangan lho, pasangannya ya komputer itu sendiri. 🙁

 

9. Anak IT bisa segala hal tentang komputer.

computer
Gambar : Pixabay.com

Nah ini yang menurut saya pribadi adalah sebuah pandangan yang salah kaprah. Anak IT dianggap bisa segala hal yang berhubungan dengan dunia komputer atau teknologi informasi. Padahal tidak. Seperti halnya dokter yang punya spesialisasi sendiri – sendiri, kami pun juga mempunyai konsentrasi dibidangnya masing – masing. Mulai dari hardware & software, networking, programer dan lain sebagainya.

 

Sumber :

Ngodeinweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *