Apa Itu UI UX Desain

Mengenal Apa Itu UI UX Desain – Sebagian orang beranggapan bahwa ui  ux itu adalah dua hal yang sama, atau bahkan diantara kamu malah baru mendengar kata ui ux?

Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai ui ux serta peluang kerja pada bidang tersebut.

UI dan UX adalah sebuah istilah dalam proses mendesain sebuah produk, yang mana UI merupakan singkatan dari User Interface dan UX merupakan singkatan dari User Experience.

Namun sebelum mengenal apa itu UI dan UX design alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu interaksi dalam konteks penggunaan teknologi komputer.

 

HCI (Human Computer Interaction)

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, kita sering melakukan interaksi dengan komputer, gadget, maupun hal yang berhubungan dengan teknologi. Contoh dari interaksi ini adalah saat kamu sedang menggeser layar gadget maka kamu akan mendapatkan akses penuh dan dapat mengoperasikan gadget, inilah yang dimaksud dengan interaksi.

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, interaksi manusia dengan komputer / teknologi akan semakin menarik. Jika kita mengingat awal kemunculan computer dengan warna monitor hitam dilengkapi angka dan huruf yang berderet memenuhi layar monitor.

Dibandingkan dengan keadaan saat ini, komputer sudah berkembang jauh lebih pesat, menampilkan berbagai warna dan icon untuk mempermudah user dalam memahami bermacam fungsi.

Dalam rangka meningkatkan interaksi manusia dan computer atau teknologi tersebut, kita harus meningkatkan kemampuan baik dari sisi manusia dan juga dari sisi device. Kita dapat mendesain sebuah teknologi agar lebih mudah untuk digunakan oleh manusia dan membuat interface yang ramah. (Dirangkum dari wonderlabs.io)

 

Baca Juga :

Belajar coding interaktif untuk anak-anak melalui game.

 

Untuk interaksi pengguna yang lebih ramah tersebut, kita memerlukan desain UI dan UX yang baik.

 

Apa itu UI?

UI (User Interface) adalah jembatan antara pengguna (user) dengan produk melalui tampilan visual baik itu bentuk, warna, maupun tulisan. Tujuan pembuatan UI adalah untuk mempermudah user dalam menggunakan sebuah produk digital secara efektif.

Bahasa mudahnya adalah UI itu merupakan desain tampilan yang tampak secara visual (visible).

User Interface ngodeinweb

 

Gambar tersebut memperlihatkan bahwa UI (user interface) berhubungan erat dengan Interface Design, Visual Design, Iconography (icon), dan Graphics.

Untuk UI designer (orang yang membuat desain UI) mereka lebih fokus pada desain tampilan, pewarnaan/coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan interface yang akan digunakan oleh user.

Berikut contoh User Interface :

Mengenal Apa Itu UI / UX Design

 

 

Lalu Apa itu UX?

UX (User Experience) adalah pengalaman pengguna (user) saat menggunakan atau berinteraksi dengan sebuah produk teknologi, yang mana hal ini bersifat subjektif karena berasal pada persepsi dan pemikiran individu yang berhubungan dengan sistem serta apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk.

Lebih mudahnya UX itu adalah bagaimaca cara user menggunakan sebuah produk.

UX bersifat subyektif karena sangat bergantung pada persepsi dan pemikiran individu, yang berhubungan dengan sistem dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk.

Apa Itu UI UX Desain

 

Untuk menyederhanakan pengertian tersebut, Rahman menyodorkan penjelasan dari Benny Fajarai (Founder Kreavi.com) tentang UI dan UX melalui sebuah analogi yang sederhana.

“Jika Anda melihat makanan yang disajikan begitu menggoda begitu menarik dan sedap dipandang, mata maka itulah UI. Tapi setelah Anda mencoba dan merasakan makanan tersebut maka itulah yang disebut UX,” kata Rahman.

Analogi lainnya, UI itu semisal kursi-kursi ditata rapi selaras dengan letak meja dan ruang. Sementara UX adalah bagaimana orang bisa merasakan kenyamanan saat menduduki kursi tersebut.

 

Baca Juga :

Populer! Template Toko Online WordPress Gratis Cocok Untuk Usaha Anda

 

Peluang Kerja UI/UX

Peluang kerja UI/UX sendiri pada saat ini sangatlah luas, kamu bisa mencarinya melalui google maupun website khusus pencari kerja seperti jobstreet dan lain sebagainya. Gaji yang ditawarkanpun cukup menggiurkan.

 

Sumber Artikel Mengenal Apa Itu UI / UX Design :

Blog – Ngodeinweb

Beranda – UX Indonesia

Maker Institute – Medium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *