Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membangun Website

5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membangun Website

5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membangun Website – Pada artikel kali ini saya akan menjabarkan hal –hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat atau membangun sebuah website.

Website merupakan kesatuan atau kumpulan-kumpulan halaman web yang menampilkan berbagai macam informasi misalnya teks, diagram, data, gambar, animasi, form, suara, video maupun gabungan dari semua yhal tersebut, baik itu yang bersifat diam (statis) maupun yang dapat berubah-ubah (dinamis), yang mana semua hal tersebut akan membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

 

Tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan website semakin hari semakin tinggi. Website merupakan identitas suatu budang usaha atau bisnis di dunia maya atau lebih dikenal sebagai internet. Bagi Anda yang saat ini ingin membuat website sendiri, ketahuilah hal – hal dasar yang harus Anda persiapkan sebelum membuat sebuah website. Anda juga dapat memanfaatkan jasa pembuatan website yang ada, salah satunya adalah Fronthub.

Nah berikut ini akan kami jelaskan 5 hal yang harus di persiapkan sebelum membangun website :

  1. Tujuan Membangun Website

Sebelum Anda benar – benar membuat website, Anda harus memiliki tujuan yang jelas mengapa Anda ingin membuat website, apakah untuk bisnis, personal branding, website pribadi, ataupun tujuan kepentingan lainnya.

 

  1. Pilih Nice atau Tema Website

Anda harus menentukan sedari awal mengenai tema website yang akan Anda buat. Misalnya bertemakan makanan, informasi, berita, review, ataupun jual beli (e-commerce). Ini merupakan langkah yang penting karena akan menentukan langkah – langkah selanjutnya. Pemilihan nice website yang tepat juga akan meningkatkan traffic pengunjung di website.

 

  1. Memilih Nama Website (Domain)

Nama sebuah website bisa menjadi sangat mahal karena merupakan indentitas yang dimiliki sebuah brand. Jadi Pastikan memilih nama domain yang sesuai dengan bidang usaha Anda.

 

Domain sendiri adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain ini juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan Hosting. Tanpa domain, website tidak akan memiliki nama.

 

Bagaimana orang lain bisa tahu dan berkunjung ke website Anda jika website tersebut tidak memiliki nama? Apa yang harus mereka klik di search engine? Haruskan orang lain membuka website melalui IP Address? Tidak mungkin! Maka dari itu hadirlah Domain untuk melengkapi Hosting. Domain pun memiliki jenis yang beragam, mulai dari TLD, gTLD, dan lainnya. Anda bisa melihat jenis – jenis domain.

 

 

  1. Membeli Server (Hosting)

Hosting adalah tempat untuk meletakkan file website. Kita ambil mudahnya saja. Apabila website anda di ibaratkan sebuah bangunan rumah, hosting adalah kavling tanah yang dipetak- petak tempat dibangunnya rumah sedangkan domain adalah nama alamat dari bangunan/ rumah anda. Hosting pun memiliki jenis yang beragam yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Hal lain yang harus anda perhatikan secara jeli adalah layanan atau penyedia yang menyediakan server atau hosting tersebut. Anda bisa membaca rekomendasi penyedia layanan hosting murah dan berkualitas.

 

  1. Memilih Template atau Theme

Template atau theme adalah komponen yang akan tampil di website saat di akses oleh pengguna. Misalnya letak menu – menu, sidebar, content, warna, tata letak dan lainnya.

 

Selain mempertimbangkan dari segi tampilan UI/UX desainnya, Anda juga harus memperhatikan kecepatan atau ukuran dari template atau theme yang akan digunakan serta kesesuaian dengan jenis website Anda.

 

Berikut kami memliki beberapa rekomendasi template ringan dan theme responsive minimalis yang dapat Anda dapatkan dengan gratis.

 

Nah itulah 5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membangun Website.

 

Referensi :

Ngodeinweb.com

Idcloudhost.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *