Ingin Belajar Web Programming Harus Mulai Dari Mana?

Ingin Belajar Web Programming , harus mulai dari mana? Mungkin Itulah yang ada dibenak sebagian orang yang sama sekali belum mengenal dunia programming, tak terkecuali saya pribadi.

Biasanya seseorang ingin menguasai web programming karena berbagai hal seperti pekerjaan atau yang paling umum adalah ingin membuat website.

Sebenarnya tanpa harus menguasai pemrograman pun anda bisa membuat blog atau website dalam sekejap.

Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website, namun anda harus membayar cukup mahal untuk sebuah website. Belum lagi untuk menyewa hosting dan domain jika anda ingin memiliki website self-host.

Selain itu, ada juga penyedia layanan pembuatan website maupun blog yang gratis. Gratis?

Yap alias tidak dipungut biaya sedikitpun. Contohnya adalah layanan milik raksasa Google “Blogspot” dan rivalnya yaitu “Wordpress”. Namun tentunya dengan beberapa keuntungan dan kerugian.

Kita akan membahasnya di lain kesempatan.

Sebuah website di bangun dari berbagai bahasa pemrograman web seperti html, css, php, dan javascript. Empat bahasa itulah yang harus anda kuasai jika ingin membangun sebuah website dari nol.

apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu?

Anda bisa mulai dari bahasa pemrograman web yang paling dasar yaitu html. Ibarat membangun sebuah rumah anda harus memiliki pondasi yang kuat, nah dalam pemrograman web pondasi tersebut adalah html.

Setelah itu anda bisa mempelajari bahasa pemrograman web lainnya.

 

 

Sekilas tentang HTML.

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah Bahasa markup/markah yang digunakan untuk membuat struktur dasar atau membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web dan dapat digunakan untuk membuat link (Hypertext). Wikipedia.org

Sekarang coba anda klik kanan lalu pilih menu inspek / inspeksi elemen. Muncul sebuah kumpulan tulisan(code) bukan? Nah itulah contoh dari html. Terkesan rumit memang, namun karena itu sudah tercampur dengan bahasa lain.

Sekian untuk tutuorial Ingin Belajar Web Programming , harus mulai dari mana ?  Jika anda tekun dan mau mempelajarinya insya Allah dalam waktu seminggu saja mungkin anda sudah bisa menguasai .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *